Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Syariah IAIN Palopo T.A. 2021/2022 , dirangkaikan dengan Launching “Forum Komunikasi Fakultas Syariah dan Orang tua Mahasiswa”

by

Fakultas syariah IAIN Palopo telah melaksanakan kegiatan penyambutan mahasiswa baru melalui daring pada hari Selasa, 7 September 2021, yang dihadiri oleh seluruh civitas akademika Fakultas Syariah, Mahasiswa, dan orang tua mahasiswa. Penyambutan mahasiswa baru fakultas syariah tahun ini terkesan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dilakukan secara daring, oleh karena saat ini kita masih menghadapi kondisi pandemic covid-19. Namun, hal ini tidak mengurangi antusiasme para peserta penerimaan mahasiswa  fakultas syariah Institut Agama Islam Negeri Palopo untuk berpartisi aktif selama kegiatan berlansung.

Tema yang di usung tahun ini adalah “mempererat silatrurahmi menuju fakultas syariah yang unggul”. Kegitan ini dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pemutaran profil fakultas dan sambutan oleh Dekan Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Palopo, Dr. Mustaming, S.Ag.,M.HI. Tahun ini kegiatan penerimaan mahasiswa juga mengundang orang tua mahasiswa. Tujuan dari dihadirkannya orang tua mahasiswa adalah untuk menjalin silaturahmi yang lebih dekat lagi dengan keluarga mahasiswa, sehingga terjalin komunikasi yang baik, dan juga sebagai upaya agar mahasiswa dapat menyelesaikan studi di fakultas syariah sesuai dengan yang diharapkan.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Launching “forum komunikasi antara fakultas syariah dan orang tua mahasiswa”, sebuah terobosan yang dilakukan oleh fakultas syariah untuk membangun komunikasi yang intensif dengan pihak orang tua mahasiswa, tujuan forum ini adalah sebagai upaya bersama untuk mengawal adik-adik mahasiswa baru, agar dalam proses perkuliahnnya dapat berjalan dengan baik. Seluruh orang tua mahasiswa nantinya akan tergabung dalam sebuah grup Telegram, sehingga seluruh informasi tentang kegiatan akademik, terutama jadwal akademik dapat dibagikan kepada seluruh anggota grup.

Mahasiswa baru fakultas syariah juga mendapatkan pengarahan dari jajaran pimpinan Fakultas Syariah yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan (Dr. Helmi Kamal, M.HI), Wakil Dekan Bidang administrasi umum, perencanaan, dan kuangan (Dr. Abdain, S.Ag.,M.HI), dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama (Dr. Rahmawati, M.Ag). pada sesi terakhir para mahasiswa baru diarahkan ke prodi masing-masing untuk bersilaturahhmi bersama Ketua Prodi beserta jarannya, dimana saat ini di fakultas syariah IAIN Palopo, memiliki 3 (tiga) Program Studi, yatitu Program Studi Hukum Tata Negara, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, dan Program Studi Hukum Keluarga.