Webinar Internasional: Moderasi beragama ditinjau dari perspektif Maqashid Syariah

by

Moderasi beragama ditinjau dari perspektif Maqashid Syariah adalah tema pada Webinar Internasional yang dilaksanakan oleh Program Studi Hukum Keluarga Fakultas Syariah IAIN Palopo pada tanggal 24 Juli 2021, dihadiri sekitar 300 peserta dari berbagai lembaga di Indonesia. Ketua panitia dalam kegiatan ini, Dr.Hj. Andi Sukamawati Assaad, M.Pd., dan juga Ketua Program Studi Hukum Keluarga Fakultas Syariah IAIN Palopo mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana atas kolaborasi Fakultas Syariah IAIN Palopo, Fakulti Syariah Kolej University Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB) Brunei Darussalam, Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung dan Assosiasi Dosen Hukum Keluarga Indonesia.
Pada acara pembukaan kegiatan webinar tersebut diawali dengan sambutan Dekan Fakulas Syariah IAIN Palopo (Dr. Mustaming, S.Ag., M.HI). Dalam sambutannya, Dr. Mustaming menyatakan bahwa tema yang diusung dalam kegiatan ini sejalan dengan visi IAIN Palopo yaitu “Terkemuka dalam Integrasi Keilmuan berciri Kearifan Lokal”, dalam sambutannya juga beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pembicara dan kepada panitia pelaksana atas terlaksananya kegiatan webinar ini. Selanjutnya sambutan dan sekaligis membuka acara webinar oleh Rektor IAIN Palopo (Prof. Dr. Abdul Pirol, M.Ag.), dalam sambutannya, Rektor menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada para narasumber, moderator, dan peserta. Rektor juga menyampaikan bahwa tema ini menarik dan selalu relevan dengan situasi sekarang ini, mengingat kompleksitas kehidupan masyarakat banyak perubahan termasuk dari sisi hukum keluarga.

Pembicara dalam acara webinar tersebut adalah:
Dr. Haji Abd. Rauf Muhammad Amin, Lc.,MA. (Senior Assistant Professor at KUPU SB, Brunei Darussalam)
Prof. Dr. H. Khoiruddin Nasution, M.A.(Guru Besar pada Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta/Ketua Assosiasi Dosen Hukum Keluarga Indonesia)
Dr. Helmi Kamal, M.HI (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Syariah IAIN Palopo)

Moderator
Dr. Abdul Kadir Zaelani, S.H.I., M.A. (Sekretaris Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)

Link: https://www.youtube.com/watch?v=7WvXQ0oVpjg